Catat Nih! 5 Cara Mengembalikan Berat Badan Kurus karena Asam Lambung

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 17 Desember 2022 | 06:00 WIB
Ada 5 cara mengembalikan berat badan kurus karena asam lambung (Pexels.com/Miriam Alonso)

Nakita.id - Inilah beberapa cara mengembalikan berat badan kurus karena asam lambung.

Ada daftar makanan yang membuat berat badan naik buat Moms juga, lo.

Dijamin aman untuk penderita asam lambung karena makanan-makanannya langsung direkomendasikan oleh Kemenkes.

Cara Mengembalikan Berat Badan Kurus karena Asam Lambung

Seseorang dengan asam lambung mungkin mengalami mual dan nyeri sehingga kesulitan menelan. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan muntah terus-menerus, yang menunjukkan komplikasi asam lambung.

Meskipun individu dengan kondisi ini mungkin tidak mencoba untuk menurunkan berat badan, mereka pada akhirnya mengonsumsi lebih sedikit makanan karena gejala yang mempengaruhi pencernaan mereka.

Inilah sebabnya mengapa penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah kemungkinan komplikasi dari kondisi penyakit asam lambung.

Setelah orang menderita asam lambung dan kondisinya menjadi kronis, penurunan berat badan dapat terjadi karena komplikasi terkait makan dan nafsu makan.

Meskipun kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko asam lambung dan banyak kondisi kesehatan lainnya, memiliki berat badan yang tidak mencukupi juga dapat berbahaya bagi kesehatan dan membawa risiko kematian yang lebih tinggi, terutama seiring bertambahnya usia.

Studi lain menemukan bahwa memiliki berat badan kurang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, yang memengaruhi jantung dan pembuluh darah.

Orang-orang yang berat badannya kurang dapat menurunkan risiko kesehatan jika mereka menambah berat badan hingga kisaran indeks massa tubuh (BMI) yang sehat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), BMI yang sehat berkisar antara 18,5 hingga 24,9.

Penurunan berat badan yang tidak disengaja diakibatkan oleh komplikasi asam lambung, membuat seseorang harus melakukan apa saja untuk memperbaiki kondisinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Selama Masa Kehamilan, Apa yang Harus Dipersiapkan?