7 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Janin, Moms Perlu Konsumsi Ini!

By Shannon Leonette, Selasa, 16 Mei 2023 | 10:00 WIB
Moms bisa cek daftar berikut apa saja makanan penambah berat badan janin yang wajib Moms konsumsi selama kehamilan. Salah satunya adalah sayuran berdaun hijau. (Freepik.com/senivpetro)

Nakita.id - Kehamilan menjadi salah satu masa terpenting bagi Moms. Sebab, dalam kehamilan, Moms harus menjaga asupan nutrisinya dari awal hamil sampai bayi lahir nanti.

Selain untuk kesehatan ibu hamil, menjaga asupan nutrisi selama kehamilan juga penting untuk tumbuh kembang bayi. Bahkan, banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa asupan nutrisi yang bagus saat hamil dapat menurunkan risiko berat badan bayi lahir rendah.

Oleh karena itu, Moms perlu mengonsumsi beberapa makanan penambah berat badan janin.

Pasalnya, ketika memasuki trimester ketiga, atau bulan ke-9, berat badan janin akan cepat bertambah.

Untuk makanan yang penting Moms sertakan adalah makanan yang kaya akan vitamin A dan D, kalsium, asam folat, zat besi, protein, dan DHA.

Daftar Makanan Penambah Berat Badan Janin yang Perlu Dikonsumsi

Melansir dari Parenting Mini Klub, berikut daftar makanan lengkap yang wajib Moms sertakan selama kehamilan.

1. Telur

Makanan pertama yang wajib Moms sertakan adalah telur. Telur merupakan sumber vitamin A dan D yang sangat baik, serta mengandung banyak mineral termasuk zat besi.

Telur juga mengandung asam folat dan kolin yang signifikan untuk ibu hamil.

Selain itu, kandungan protein di dalamnya juga sangat tinggi. Sebab, protein memainkan peran penting dalam tumbuh kembang janin. Termasuk, pertambahan berat badannya.

2. Susu

Berikutnya, ada susu yang juga bisa Moms masukkan dalam daftar makanan penambah berat badan janin. Moms tentu tahu bahwa susu adalah sumber kalsium dan protein yang kaya, khususnya susu sapi dan produk turunannya.

Susu sapi juga memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk janin, seperti asam amino, asam lemak, vitamin, mineral, dan protein.

Baca Juga: Apakah Benar Jika Ibu Hamil Puasa Akan Menurunkan Berat Badan Janin?