Srikandi untuk Negeri Dukung Program Cegah Stunting Sejak Hamil, Begini Peran dr. Ruswantriani Sebagai Dokter Kandungan yang Selalu Mengedukasi Para Bumil

By Shannon Leonette, Rabu, 26 Juli 2023 | 15:29 WIB
Berikut perjalanan lengkap mengenai peran dr. Ruswantriani, Sp.OG, dokter spesialis kandungan di RSU Bunda Menteng, dalam memberikan edukasi kepada para bumil untuk mencegah stunting sejak dini. (Nakita.id)

Nakita.id - Setiap orangtua tentu menginginkan tumbuh kembang anaknya menjadi optimal.

Namun sayangnya, tak sedikit orangtua yang abai akan masalah tumbuh kembang anak ini.

Termasuk stunting yang akhir-akhir ini semakin ramai dibicarakan.

Stunting sendiri sudah bisa dicegah sejak 1000 HPK (hari pertama kehidupan). Atau dalam kata lain, sejak masa kehamilan berlangsung.

Di masa kehamilan inilah peran dokter kandungan sangat dibutuhkan untuk memantau tumbuh kembang janin agar bisa menghasilkan Generasi Emas 2045.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh dr. Ruswantriani, Sp.OG selaku dokter spesialis kandungan di RSU Bunda Menteng.

Penasaran dengan upaya-upaya yang sudah dilakukan dokter ini untuk mencegah stunting sejak masa kehamilan? Tanpa berlama-lama, yuk simak perjalanannya berikut ini!

Awal Mula dr. Ruswantriani Jadi Dokter Obgyn

Sudah menjadi dokter obgyn sejak tahun 2014, dr. Ruswantriani menjadi dokter karena mengikuti jejak ayahnya yang juga sama-sama dokter obgyn.

"Setiap hari pemandangan saya itu melihat bapak saya pergi ke rumah sakit, menolong orang melahirkan. Itu motivasi awal sih," ceritanya saat diwawancara Nakita, Jumat (14/7/2023).

"Kemudian waktu masuk ke (Sekolah) Kedokteran, ada stase waktu di bagian kandungan. Waktu bantu ngelahirin persalinan kok rasanya senang banget ya menjadi orang pertama yang mendengar tangisan bayi," lanjutnya bercerita.

Tak sampai di situ. dr. Ruswantriani yang sudah berpraktik hampir 10 tahun ini juga mengaku bahwa menjadi dokter obgyn itu adalah profesi yang unik.

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri Berupaya Tekan Stunting di Indonesia, Begini Peran-peran yang Biasa Dilakukan Bidan Finna