Apa Itu IgA Nephropathy? Abdee Slank Sampai Dirawat Hampir Sebulan

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 18 Oktober 2024 | 11:30 WIB
Abdee Slank sakit IgA Neuropathy (kompas.com/andika aditia)

Nakita.id - Penyakit ginjal menjadi perhatian utama ketika gitaris Slank, Abdee Negara, harus dirawat intensif di rumah sakit akibat gangguan serius pada ginjalnya.

Sejak 19 September 2024, Abdee menjalani perawatan intensif untuk mengatasi IgA Nephropathy, sebuah penyakit autoimun yang menyerang ginjal.

Kabar mengenai kondisi Abdee membuat banyak penggemarnya khawatir dan mengundang perhatian luas.

Slankers dan rekan-rekan musisi terus mengirimkan dukungan serta doa untuk kesembuhannya.

Namun, banyak orang mungkin belum familiar dengan penyakit ini.

Apa sebenarnya IgA Nephropathy, dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan ginjal?

Pengertian IgA Nephropathy

IgA Nephropathy (atau Nefropati IgA) adalah kondisi medis di mana antibodi IgA yang biasanya berfungsi melawan infeksi menumpuk di ginjal, menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan ginjal.

Antibodi IgA yang tidak normal ini terakumulasi di dalam filter kecil ginjal yang dikenal sebagai glomeruli, yang bertanggung jawab untuk menyaring darah.

Ketika glomeruli meradang akibat penumpukan IgA, fungsi ginjal terganggu, yang dapat menyebabkan ginjal gagal menyaring limbah dan kelebihan cairan dari tubuh secara efektif.

Penyakit ini umumnya berkembang perlahan selama bertahun-tahun, dan dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan gagal ginjal stadium akhir.

Meski begitu, perkembangan IgA Nephropathy bisa sangat bervariasi pada setiap individu beberapa orang hanya mengalami gejala ringan, sementara yang lain mungkin mengalami kerusakan ginjal yang signifikan.

Baca Juga: Derita Vertigo Parah Pasca Transplantasi Ginjal, Abdee Slank Dilarang Konsumsi Makanan Seperti Ini!