Moms, Ini Manfaat Bagian Buah dan Sayur Bagi Kesehatan Tubuh

By Poetri Hanzani, Jumat, 13 Juli 2018 | 16:08 WIB
kulit buah melon bermanfaat untuk kesehatan (iStock)

Nakita.id - Moms tentu menyukai buah dan sayur, bukan? Ya, buah dan sayur mengandung banyak nutrisi penting yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Tapi tahukah Moms, jika beberapa bagian buah dan sayur juga bisa bergizi dan bermanfaat?.

Maka dari itu, saat mengonsumsi buah dan sayur sebaiknya jangan langsung membuangnya terlebih dulu.  Lapisan luar yang berwarna dari buah dan sayur mengandung phytochemical, seperti karotenoid.

Peran terpenting karotenoid dalam proses fisiologi adalah sebagai zat antioksidan dan penghantar elektron dalam fotosintesis.

Selain itu, beberapa karotenoid dapat diubah menjadi vitamin esensial.

Karotenoid dapat membantu mengurangi risiko penyakit, mulai dari kanker dan masalah mata tertentu.

BACA JUGA: Tak Hanya Menyehatkan, Deretan Buah Ini Bikin Kenyang Lebih Lama!

Dengan membuang bagian buah dan sayur, seperti kulit buah, biji buah atau daun, mungkin saja Moms akan membuang banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Karena kulit dan daun dari buah tertentu mengandung banyak antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga efektif dalam melawan penyakit tertentu.

Sementara itu, terdapat masalah limbah makanan yang serius di seluruh dunia.

Sebab 30-40% persediaan makanan global dibuang sia-sia. Tapi, kita sebagai konsumen dapat melakukan sedikit dengan mengurangi limbah makanan tersebut.

Dan itu bisa dilakukan jika kita menggunakan kembali sisa makanan karena mereka sehat dan mudah didapat.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari bagian buah dan sayur ini Moms:

1. Biji semangka

Biji semangka kaya akan protein, vitamin B dan banyak nutrisi mikronutrien seperti kalium dan seng yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, kekebalan tubuh dan menjaga tingkat gula darah tetap terkendali.

Biji semangka bisa dikonsumsi langsung atau kamu juga bisa menggunakan minyak yang keluar dari biji semangka untuk perawatan kulit dan rambut.