Kenali Penyebab Ibu Hamil Enggan Makan

By Gazali Solahuddin, Rabu, 12 Oktober 2016 | 03:00 WIB
Kenali penyebab ibu hamil enggan makan. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Pada umumnya di trimester awal kehamilan ibu hamil enggak punya selera makan, bahkan ada yang dibarengi mual dan muntah. Namun di trimester 2 dan 3 umumnya selera makan akan membaik hingga ibu hamil akan kembali makin dengan lahap.

Jika selera makan ibu hamil yang menghilang, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Pertama, karena Mama memang tidak merasa lapar, (2) makanannya bikin mual, (3) Mama memang tidak suka makanan tersebut, atau (4) setiap makan, membuat Mama muntah.

Kondisi mual muntah pada ibu hamil seperti diketahui akibat adanya pengaruh hormon kehamilan, seperti estrogen dan HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat saat kehamilan. Lantaran penyebabnya hormon, tentu tidak ada jalan keluar, selain kekuatan Mama untuk menghadapi. Bagaimana caranya?

Kenali penyebab ibu hamil enggan makan, dan cari tahu solusinya: * Jika Mama tidak merasa lapar Usahakanlah selalu ngemil, bisa kue-kue, cookies, buah-buahan, minum jus, minum teh manis, dan roti di pagi hari. Tidak perlu langsung banyak, cukup sedikit tapi sering.

* Jika makanan membuat mual Biasanya makanan tersebut berbau atau beraroma menyengat, seperti: telur. Hindari menghidangkan makanan seperti itu. Kalaupun harus mengonsumsi makanan yang menyebabkan mual, semisal, ikan, hidangkanlah dalam bentuk lain. Ikan bakar dengan bumbu sambal rujak, umpama.

* Jika makanan tidak disenangi atau tak mengundang selera Cara mengatasinya mudah saja, gantilah dengan jenis atau menu makanan yang Mama senangi.

* Jika makanan yang masuk dimuntahkan lagi Hal ini bisa karena tiga faktor. Pertama, bisa karena makanannya membuat mual. Solusinya, ganti jenis dan bahan makanannya, serta hindari yang membuat mual. Kedua, bisa karena psikologis. Solusinya, teguhkan hati, “Saya ingin anak saya sehat dan pintar. Jadi, saya harus makan yang bergizi.” Ketiga, karena pengaruh hormon kehamilan. Solusinya, makanlah sedikit-sedikit tapi sering dan hindari makanan yang beraroma menyengat.

Sekarang, sudah tahu kan apa saja penyebab ibu hamil enggan makan? Cepat atasi supaya si kecil tumbuh dengan sehat ya, Mam.

Narasumber: Dr. Rajen Nimrod, SpOG, RS Pertamedika Sentul City