Ini Penyebab Susah Hamil yang Baru Terkuak

By Gisela Niken, Senin, 5 Desember 2016 | 02:15 WIB
Penyebab susah hamil bisa datang dari berbagai faktor (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ada banyak hal yang jadi penyebab susah hamil. Mulai dari masalah kesehatan, berat badan hingga pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab susah hamil yang sudah banyak diketahui orang. Namun, ada penyebab yang jarang diketahui dan baru terkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh University of Southampton.

Baca juga: 6 kesalahan umum yang bikin susah hamil

Penelitian ini melihat bahwa susah hamil bisa disebabkan kondisi endometriosis. Kondisi yang memengaruhi sekitar 10% perempuan ditandai dengan nyeri perut kronis dan menstruasi yang tidak teratur. Jika ingin hamil, seorang wanita harus menghasilkan sel telur yang matang. Sayangnya, endometriosis membuat lingkungan rahim tidak membantu pematangan sel telur sehingga berpotensi menurunkan kesuburan.

Baca juga: 5 penyebab susah hamil

Para peneliti melihat sel telur bisa rusak akibat kondisi ini. Maka, hal inilah yang jadi penyebab susah hamil yang kerap terjadi. “Kami melihat bahwa cairan folikel pasien dengan endometriosis ditemukan menghambat kematangan sel telur dengan menghasilkan zat kimia radikal bebas. Kerusakan ini menyebabkan telur tidak matang dan tidak bisa dibuahi,” ujar dr. Simon Lane, salah seorang peneliti dari Research Fellow di University of Southampton.

Selain melihat penyebab susah hamil, para peneliti melihat efek endometriosis pada keursakan telur ternyata bisa dicegah dengan antoksidan. Resveratrol, yang ditemukan dalam kulit anggur dan aneka buah beri dianggap menjadi zat yang dapat mengatasi masalah kesuburan ini. Selain itu, melatonin, senyawa yang dilepaskan saat tidur dapat mengurangi efek ketidaksuburan ini.

Baca juga: Infeksi serviks membuat susah hamil

Ternyata, penyebab susah hamil datang dari berbagai faktor. Maka, penting bagi Mama untuk memeriksakan diri seputar kesuburan apalagi saat sedang berusaha hamil, Mama belum hamil dalam kurun waktu enam bulan. Pemeriksaan lebih lanjut dibutuhkan untuk menentukan cara tepat untuk mengatasi kondisi susah hamil tersebut.