Nakita.id - Pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi peranan penting yang harus diperhatikan.
Ini menjadi tugas orangtua untuk mendukung penuh di masa-masa pertumbuhannya.
Orangtua perlu memantau tumbuh kembang anak agar prosesnya berjalan optimal.
Sehingga, anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usianya.
Umumnya, tumbuh kembang anak berjalan pesat di periode emas.
Di masa inilah, anak melakukan proses tumbuh dan kembang baik dari segi fisik maupun pengontrolan emosional.
Tentu saja, peran orangtua dibutuhkan untuk memantau tumbuh kembang anak sehingga tumbuh menjadi generasi positif, dan juga untuk mengatasi potensi learning loss yang mungkin terjadi akibat pandemi.
Menyadari pentingnya akan hal itu, Kompas Gramedia mulai menunjukkan perannya untuk berkontribusi membantu agar tumbuh kembang anak berjalan optimal sesuai dengan usianya.
Tak sendiri, Kompas Gramedia mengajak DANCOW untuk turut serta dalam berperan bersama untuk memastikan pertumbuhan anak Indonesia dan memberikan pemahaman pada orangtua agar menjadi generasi yang baik di masa depan.
Dalam pertemuan bersama KG MEDIA dan DANCOW, pada Rabu (23/3/2022) di Menara Kompas, Jakarta Pusat, dibahas kerjasama yang dibutuhkan untuk ke depannya.
Pada pertemuan perdana ini, turut hadir Johanlie Aliffin selaku Category Marketing Manager Children and Culinary Dairy.
Johanlie memaparkan bahwa pihaknya memiliki keinginan kuat untuk merawat masa depan anak Indonesia menjadi generasi positif di masa mendatang.
Bahkan, keinginannya ini terus diupayakan melaui kegiatan menarik yang sangat beragam, meskipun saat ini Indonesia masih dalam suasana pandemi yang penuh keterbatasan, pihaknya mengaku selalu ada cara untuk mewujudkan agar masa depan anak Indonesia lebih unggul.
"Sesuai dengan DANCOW, kami ingin merawat masa depan anak-anak Indonesia menjadi lebih baik. Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan walaupun ada kendala pandemi. Tetapi kita dilakukan dalam bentuk offline, activity yang kita lakukan itu adalah dalam bentuk webinar, parenting series yang kita tunjukan untuk ibu-ibu di indonesia," ucapnya.
Salah satu cara untuk tetap berkontribusi dalam pemenuhan tumbuh kembang anak Indonesia, Johanlie mengaku jika DANCOW selalu memberikan pembahasan yang dikemas secara menarik ke dalam webinar.
Webinar ini nantinya akan membahas bagaimana Si Buah Hati dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya dengan menghadirkan beragam narasumber yang berkompeten.
"Di dalam webinar tersebut, ada beberapa topik yang menarik salah satunya topik tentang nutrisi, topik tentang parenting dan tentang bagaimana anak-anak bisa optimal pembelajarannya dalam masa PJJ seperti ini, jadi kita berusaha memberikan kontribusi seperti ini," sambung Johanlie.
Sejalan dengan itu, baik Kompas Gramedia dan DANCOW, memiliki cita-cita yang sama untuk memberikan pemahaman kepada anak dan juga orangtua akan pentingnya masa-masa pertumbuhan Si Buah Hati.
Baca Juga: Malam Apresiasi, Jadi Penutup Manis Perjalanan DANCOW Inspiring Mom 2
Hal inilah yang mendasari Kompas Gramedia dan DANCOW saling berkontribusi menyatukan keunggulan masing-masing demi tercapainya tumbuh kembang anak Indonesia menjadi lebih baik.
"Karena antara DANCOW dan Kompas Gramedia memiliki misi yang sama, yaitu ingin memberikan edukasi yang tepat untuk orangtua, memberikan edukasi yang tepat untuk anak-anak. Kembali lagi untuk memberikan masa depan yang baik untuk anak-anak, karena kesesuaian tersebut jadi kelihatannya Kompas Gramedia bisa menjadi partner yang tepat untuk kami," terang Johanlie.
Kompas Gramedia selaku perusahaan media di Tanah Air sudah sejak lama hadir dengan memberikan berbagai macam produk informasi dan pengetahuan.
Dengan berbagai macam jenis brand yang dimiliki, Kompas Gramedia terus bergerak untuk mencerahkan generasi bangsa di masa mendatang.
Dalam acara yang sama juga turut hadir Hendra Mulia selaku Group Sales Director, Grid Network - KG MEDIA, ia memaparkan dengan banyaknya kanal brand yang dimiliki Kompas Gramedia dapat berjalan beriringan dengan DANCOW untuk mewujudkan tumbuh kembang anak sesuai dengan keinginan yang diharapkan.
"Apapun kebutuhannya kebutuhan riset dan diskusi bisa survive dan kami juga punya beberapa unit. Kami memberikan layanan yang responsif objektif yang dibutuhkan oleh brand. Kami juga punya agency, market place, dan media-media seperti Kompas, Kompas TV, Tribunnetwork, dan Grid Network. Lalu, kami juga punya jaringan broadcast seperti radio," jelas Hendra.
Kompas Gramedia juga memiliki beberapa media anak dan seputar dunia parenting, seperti Bobo dan Nakita. Majalah Bobo sendiri sudah berpuluh-puluh tahun menemani tumbuh kembang anak-anak di Indonesia, sedangkan Nakita dapat memenuhi kebutuhan informasi seputar anak dan keluarga di Tanah Air.
Konten-konten beragam yang menjadi unggulan Kompas Gramedia dipercaya dapat membantu tumbuh kembang anak di masa pertumbuhan, Lucia Triundari selaku Editor in Chief Children Media (Bobo & Mombi), Grid Network-KG MEDIA mengatakan, jika salah satu konten yang paling berpengaruh terhadap kehidupan anak-anak adalah dongeng. Dan dongeng yang disajikan bertemakan keseharian anak hingga pengetahuan akan legenda, sehingga mereka akan lebih memahami sejarah, dikemas dengan cara yang lebih menarik.
''Dongeng-dongeng ini berasal dari majalah, lalu dihidupkan melalui video dan diambil dari audio. Temanya macam-macam, ada tema keseharian, fabel, legenda, dan itu semua kami usahakan dibuat dari tim redaksi supaya aman dari copyright," tegas Lucia.
Konten-konten yang disajikan dalam Kompas Gramedia sudah dapat dibuktikan membuat kehidupan anak Indonesia lebih maju.
Devy Situmorang, Group Editorial Director, Female & Children, Grid Network - KG MEDIA merasakan betul akan dampak yang terjadi, kini sudah banyak anak dan keluarga Indonesia yang terbantu berkat tayangan yang disajikan, membuat tumbuh kembang Si Buah Hati terarah ke hal yang lebih positif.
"Kita bisa explore tentang kepedulian anak atau keluarga terhadap lingkungan, podcast, dan dongeng melengkapi journey tumbuh kembang anak. Sehabis menulis dikembangkan cerita menjadi dongeng, enggak cuma anak-anak, tetapi juga orangtua dan guru jadi bagus banget," ungkap Devy.
Johanlie kembali menambahkan bahwa ia berharap baik DANCOW dan Kompas Gramedia sama-sama saling bersinergi untuk memberikan edukasi tidak hanya pada anak, tetapi juga orangtua untuk sama-sama mendukung dan berperan dalam tumbuh kembang sang buah hati.
"Dancow dan Kompas Gramedia ingin menjangkau lebih luas lagi edukasi ke orangtua dan juga anak-anak paling tidak ini kontribusi yang bisa dilakukan antara dua brand besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Indonesia," tutur Johanlie.
Nantinya, kerja sama ini bisa mengedukasi dan dapat diterima oleh seluruh keluarga di Indonesia.
Dengan jaringan lebih luas serta keunggulan masing-masing yang dimiliki keduanya, semuanya dapat berjalan dengan baik yang menjangkau anak-anak dan orangtua di manapun berada.
Pada dasarnya, optimalisasi tumbuh kembang anak tidak hanya orangtua saja berperan, tetapi pihak lain seperti Kompas Gramedia dan DANCOW bisa turut andil sehingga membantu dalam perkembangan kognitif, sosial, dan emosional.
"Lebih kepada adanya awareness dan adanya edukasi yang menjangkau lebih banyak lagi untuk mendukung tumbuh kembang anak berjalan optimal," ucap Johanlie.
Baca Juga: Maksimalkan Perlindungan Si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat untuk Dukung Eksplorasinya
L'Oreal Bersama Perdoski dan Universitas Indonesia Berikan Pendanaan Penelitian dan Inovasi 'Hair & Skin Research Grant 2024'
Penulis | : | Ruby Rachmadina |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR