Nakita.id - Berdasarkan data yang dirilis oleh Kemenparekraf RI, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia di bulan April 2022 mencapai 11.000, atau naik 5 (lima) kali lipat.
Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), per Mei 2022, jumlah penumpang angkatan udara
domestik naik 40,41% (MoM) atau sebanyak 19,8 juta orang.
Naiknya angka kunjungan wisata oleh para turis tentu perlu diimbangi dengan kemampuan adaptasi dan inovasi yang baik dari para penggiat bisnis di industri pariwisata untuk bertahan di tengah persaingan, demi meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman wisata terbaik kepada seluruh pengunjung.
tiket.com, OTA (Online Travel Agent) pertama di Indonesia dengan fokus customer centric, selain
menghadirkan fitur-fitur terbaik untuk mengakomodasi kebutuhan wisata dan perjalanan masyarakat, kini menghadirkan sebuah program baru bertajuk Jagoan Pariwisata sebagai salah satu rangkaian kegiatan dan program dalam rangka merayakan sebelas tahun anniversary, tiket.com.
Jagoan Pariwisata adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberdayakan para pelaku dan penggiat usaha wisata dari 4 (empat) desa wisata Jejaring Desa Wisata (JADESTA), sehingga para pelaku usaha wisata dapat mengembangkan bisnisnya dengan berkesinambungan dan memberikan
kontribusi bagi perekonomian nasional.
Pada penyelenggaraan perdana, Jagoan Pariwisata akan melaksanakan program mentorship terpadu secara hybrid ke empat Desa Wisata di Indonesia, yaitu Desa Mulyaharja di Bogor, Desa Condet di Jakarta Timur, dan Desa Kaki Langit Mangunan dan Desa Dewi Sambi yang berada di
Yogyakarta.
Para pelaku usaha wisata di empat Desa Wisata ini akan berkompetisi, meramu strategi bisnis terbaik untuk dapat memenangkan penghargaan yang terdiri dari empat kategori yang dipertandingkan dalam ajang Jagoan Pariwisata.
Menuju kompetisi, tiket.com menyediakan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan yang akan
dipandu langsung oleh para karyawan tiket.com yang didukung oleh tim Inspigo, selaku mitra
penyelenggara program ini.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan solusi dari berbagai isu dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha lokal, sehingga dapat menjalankan usahanya dengan mengedepankan strategi dan inovasi secara berkelanjutan.
Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dalam sesi sambutannya di sesi peluncuran Jagoan Pariwisata yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (9/8/2022) mengajak para pelaku usaha wisata untuk memanfaatkan kesempatan yang langka ini untuk meningkatkan usaha di bidang pariwisata.
“Sebagai pelopor Online Travel Agent di Indonesia, karya anak bangsa, tiket.com, telah memberikan warna baru dan sumbangsih pengalaman terbaik bagi wisatawan dengan membawa industri pariwisata Indonesia naik kelas ke ranah digital sehingga dapat terakses oleh seluruh masyarakat," terangnya.
Sandiaga Uno menjelaskan bahwa dalam menyambut 11 tahun tiket.com yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuat gebrakan melalui program Jagoan Pariwisata.
Gebrakan ini merupakan inisiatif berwujud lokakarya edukatif dan interaktif bagi para pelaku wisata
di Desa Wisata.
Nantinya program ini diharapkan dapat membantu memberikan solusi nyata bagi isu yang dihadapi oleh para penggiat dan pelaku pariwisata sekaligus memberikan kiat jitu dalam mengoperasikan usaha pariwisata dengan lebih cerdas.
Bersama Yoris Sebastian dari Inspigo selaku mentor lead yang akan memimpin mentor dari t-fams (karyawan tiket.com) dalam memberikan bimbingan dan pelatihan bisnis terpadu.
Ia berharap para peserta yang nantinya terpilih dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.
Sehingga dapat menunjang kegiatan wisata yang ada di Indonesia untuk masa depan.
"Saya Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mengucapkan selamat kepada tiket.com dan pelaku usaha wisata yang nantinya terpilih mengikuti program Jagoan Pariwisata. Gunakan dan manfaatkan kesempatan yang langka ini untuk meningkatkan kapasitas usaha wisata Anda. Tetap semangat, jangan pernah lelah untuk meningkatkan pariwisata Indonesia," ucap Sandiaga Uno.
Sebagai mitra Kemenparekraf RI, tiket.com terus berupaya menghadirkan serangkaian program
berwujud lokakarya edukatif dan interaktif bagi para pelaku usaha wisata nasional.
Dalam acara yang sama Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com, menambahkan peluncuran Jagoan Pariwisata jadi salah satu upaya yang dilakukan bersama pemerintah untuk meningkatkan produktivitas masyarakat.
Terutama dalam menghasilkan pelaku bisnis yang unggul di dalam bidang pariwisata.
Jagoan Pariwisata juga berupaya mendorong keberadaan desa wisata disetiap daerah agar diketahui oleh seluruh masyarakat baik domestik maupun mancanegara.
“Jagoan Pariwisata merupakan salah satu upaya tiket.com dalam mendukung inisiatif pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk memberdayakan masyarakat yang adaptif dan berdaya saing, sehingga menghasilkan pelaku bisnis lokal yang unggul dalam bidang pariwisata. Program ini juga merupakan upaya tiket.com dalam mendorong keberadaan Desa Wisata di Indonesia agar lebih dikenal oleh masyarakat dan menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” terang Gaery.
Program Jagoan Pariwisata Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan perayaan anniversary tiket.com ke-11, inisiatif program Jagoan Pariwisata dicetuskan tiket.com untuk mencari para pelaku usaha di bidang pariwisata yang memiliki visi, misi serta kapabilitas bisnis yang andal.
Para pelaku bisnis di empat Desa Wisata ini akan berkompetisi, meramu strategi bisnis terbaik untuk dapat memenangkan penghargaan yang terdiri dari empat kategori utama, yaitu; Best Tourist Attraction, Best Homestay, Best Souvenir & Culinary serta Best Digital & Creative.
Setelah melalui sesi mentoring dan lokakarya, di tahap akhir para peserta akan membuat proposal
strategi bisnis.
Nantinya akan dipresentasikan kepada jajaran juri, termasuk Yoris Sebastian, pada malam
penganugerahan di bulan Oktober 2022 mendatang.
Yoris Sebastian, Co-Founder, Inspigo, menegaskan antusiasmenya terhadap program Jagoan
Pariwisata,
“Sungguh merupakan sebuah kehormatan untuk dapat bekerjasama dengan tiket.com dalam program Jagoan Pariwisata untuk membina keterampilan para pelaku dan penggiat bisnis wisata di empat desa wisata terpilih sebagai bagian dari program yang berkesinambungan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Visi Inspigo untuk mendorong dan menginspirasi para
pelaku usaha di bidang pariwisata untuk #JadiLebihSiap sungguh sejalan dengan inisiatif cermat ini.
Saya sudah tidak sabar untuk berbagi pengalaman, membina para mentor, serta menyimak langsung berbagai solusi strategis dalam mengatasi tantangan dari sesi awarding yang akan datang,” tutur Yoris.
Mentor-mentor yang memberikan pelatihan dalam program Jagoan Pariwisata merupakan karyawan
tiket.com yang terdiri dari para profesional berbakat yang telah mengukir prestasi gemilang di bidang dan industri masing-masing dan saat ini tengah berkarir di tiket.com.
Dudi Arisandi, Chief People Officer, tiket.com, mengatakan, program mentoring di Jagoan
Pariwisata adalah upaya tiket.com dalam merancang dan memposisikan Jagoan Pariwisata sebagai
salah satu opportunity bagi karyawan tiket.com untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam membina keterampilan para pelaku usaha di desa wisata.
“Kami mendesain program ini agar juga turut membawa manfaat bagi karyawan tiket.com (t-fam), yaitu pengetahuan mendalam akan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku dan penggiat bisnis lokal di desa wisata. Harapan tiket.com adalah semoga para mentor tiket.com dan peserta program di 4 (empat) desa wisata dapat sama sama #BulatkanTiketmu temukan solusi strategis cerdas dan cermat untuk mengembangkan desa wisata mereka," tutur Dudi.
Selain menjadi bagian dari rangkaian kegiatan anniversary tiket.com ke-11, Jagoan Pariwisata juga
menjadi salah satu program keterlibatan karyawan dalam kegiatan tim people (SDM) yang terpadu.
Dengan manfaat untuk berbagi pengetahuan melalui mentorship tidak hanya terkait industri pariwisata secara bisnis.
Tetapi juga dapat memberikan pemahaman dan pengenalan mendalam mengenai ekosistem kerja di
perusahaan berbasis teknologi.
Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi t-fam (karyawan tiket.com) untuk berkunjung serta mengenal secara langsung komunitas warga dan budaya Desa Wisata setempat.
Baca Juga: Wisata Kekinian dan Edukatif di Jabodetabek, Cocok untuk Ajak Si Kecil Main Saat Libur Lebaran
Penulis | : | Ruby Rachmadina |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR