Nakita.id - Tahun ini, KitKat® kembali menyelenggarakan kompetisi KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja sebagai kelanjutan kerja sama antara KitKat® dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dalam payung co-branding "Wonderful Indonesia".
Melalui kompetisi ini, KitKat® meluncurkan enam kemasan terbaru spesial pariwisata bertemakan desa wisata, acara tradisional, dan aktivitas travelling yang merupakan hasil desain karya anak bangsa.
Dimulai pada 2022, kompetisi yang merupakan agenda tahunan ini merupakan wadah kepada anak muda Indonesia untuk terus berkarya, sekaligus merangkul talenta baru di bidang ekonomi kreatif, khususnya desain.
Hal ini bahkan disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, yang mana menyampaikan bahwa sektor swasta turut berperan dalam peningkatan dan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, seperti yang dilakukan oleh KitKat®.
"Kompetisi KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja turut mendukung Kemenparekraf RI dalam mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya mengangkat kebudayaan di Indonesia.
Saya berharap kompetisi ini dapat melahirkan talenta dan karya-karya yang mengharumkan negara kita, Indonesia baik nasional maupun internasional," harap Sandi dalam acara Jumpa Pers KitKat® Break #DiIndonesiaAja, Senin (7/8/2023).
Mengusung semangat #DiIndonesiaAja, Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu mengungkapkan bahwa penyelenggaraan kompetisi ini merupakan bentuk komitmen PT Nestlé Indonesia sebagai perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 50 tahun di Indonesia untuk turut mendukung visi dan misi Kemenparekraf RI.
"Saya berharap program yang dilaksanakan oleh KitKat® dapat turut mendorong pelestarian budaya lokal, memajukan sektor pariwisata dalam negeri, serta mendukung peningkatan daya saing UMKM di Indonesia, termasuk dalam sektor bisnis dan pariwisata," harap Sufintri.
Dirinya juga mengucapkan selamat kepada keenam pemenang KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja.
Dibandingkan tahun lalu, jumlah peserta kompetisi tahun ini meningkat dua kali lipat.
Atau persisnya, berjumlah 602 desain dari seluruh Indonesia.
Baca Juga: Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2023, Berikut Jenis Olahraga yang Disarankan Ahli
Seluruh desain yang masuk ini diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari Kemenparekraf RI, KitKat®, Ilustra See (Ilustrator), Adrianka Anka (Digital Creator), dan Naela Ali (Ilustrator).
"Melalui kompetisi Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja, saya berharap anak muda Indonesia lebih mengenal budaya dan pariwisata dalam negeri.
Sehingga dapat mendorong mereka untuk memilih 'break' atau liburan #DiIndonesiaAja," ungkap Business Manager Confectionery PT Nestlé Indonesia Pritha.
"Kompetisi tahun kedua ini menghadirkan dua kategori lomba yaitu Individu dan Tim dengan tema desa wisata, acara tradisional, dan aktivitas travelling," lanjut Pritha.
Setelah melalui tahap seleksi oleh para juri, terpilih enam pemenang dengan tiga pemenang Kategori Individu dan tiga pemenang Kategori Tim.
Berikut adalah daftar pemenangnya.
1. Emira Bunga Ramadhan (Juara I)
2. Arif Rachmad Wijanarko (Juara II)
3. Ervina Mugi Astari (Juara III)
1. Muh Ayub Tahang dan Kurnia Afdillah (Juara I)
2. Ameerakhaiya Syamsuar dan Amarrakhaisya Syamsuar (Juara II)
Baca Juga: Totalitas, Neste Lakukan Sederet Dobrakan Ini untuk Mendukung Peran Ibu dan Tumbuh Kembang Anak
3. Shakira Talitha Bryliana Fajar dan R. P. Hero Wijaya (Juara III)
Sebagai peraih Juara I Kategori Individu, Emira Bunga Ramadhan mengungkapkan kesenangannya karena KitKat® kembali menyelenggarakan kompetisi KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja.
Emira bahkan tidak menyangka bahwa karyanya terpilih sebagai salah satu pemenang kemasan KitKat® edisi khusus pariwisata.
"Kekayaan budaya Indonesia sungguh menginspirasi dalam menyalurkan hobi desain saya, salah satunya Kampung Minang Nagari Sumpu dari Sumatera Barat," ucap Emira.
"Semoga kompetisi ini dapat terus berlanjut menjadi sarana bagi para desainer muda untuk terus berkarya dalam memperkenalkan budaya Indonesia, tidak hanya bagi masyarakat Indonesia tetapi juga mancanegara," harapnya.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Muh Ayub Tahang dan Kurnia Afdillah sebagai peraih Juara I Kategori Tim mengatakan.
"Kami sangat bersemangat untuk mengikuti kompetisi KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja pada tahun ini, terutama dengan adanya Kategori Tim," ucapnya.
Selama pengerjaan, keduanya bertujuan untuk memperkenalkan Pesona Hiu Taka Bonerate di Sulawesi Selatan kepada para wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai salah satu pilihan berlibur di Indonesia.
Keduanya juga merasa bangga akan kekayaan alam sekaligus mengajak masyarakat untuk turut serta dalam melestarikan budaya Indonesia.
Desain kemasan KitKat® Breakreasi spesial pariwisata #DiIndonesiaAja akan dicetak dalam kemasan KitKat® multipack (6x17g), KitKat® 4F (35g), dan KitKat® Travel Pack.
Total yang tersedia hanya 2,5 juta buah di minimarket terdekat dan toko suvenir mulai 15 Agustus 2023, selama persediaan masih ada.
National Geographic Indonesia: Dua Dekade Kisah Pelestarian Alam dan Budaya Nusantara
Penulis | : | Shannon Leonette |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR