Menaiki Tangga Dapat Mengetahui Risiko Penyakit Kanker dan Jantung?

By Natasha Ananda, Rabu, 19 Desember 2018 | 09:13 WIB
Menaiki empat anak tangga dapat memberi petunjuk untuk risiko kematian dini akibat penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya (Shuttersock)

Nakita.id – Ingin tau apakah Moms berisiko terkena penyakit jantung atau kanker?

Sebuah studi baru yang dipresentasikan di European Society of Cardiology mengatakan, tes olahraga yang membutuhkan gerakan cepat dapat memprediksi risiko kematian dini Moms dari penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga : Studi: Diet Mediterania Paling Baik Untuk Penderita Jantung dan Diabetes

Contoh sederhananya adalah dengan menaiki tangga, karena kebanyakan orang dengan mudah meniru tes ini di rumah tanpa peralatan medis.

Untuk melakukannya, mudah dengan cara menaiki empat tangga dengan cepat.

Tubuh yang sehat harus dapat menyelesaikan tes dalam waktu kurang dari satu menit.

“Penelitian ini memperkuat bahwa olahraga sangat membantu untuk penyakit jantung dan kanker,” demikian kata Dr. Andrew Freeman, Direktur Pencegahan Jantung dan Kanker di National Jewish Health dan anggota dari American College of Cardiology's Prevention of Cardiovascular Disease Section Leadership Council seperti dikutip dari  Healthline.

Masuk akal bahwa olahraga cepat dapat menunjukkan faktor risiko untuk masalah jantung, tetapi apa kaitannya dengan kanker?

Baca Juga : Bikin Iri, Perangi Kegemukan Turki Dirikan Pusat Obesitas di Seluruh Negeri, Gratis Buat Pasien

"Juga telah diketahui untuk sementara bahwa olahraga adalah tambahan yang bagus untuk terapi pengobatan kanker dan bahkan dapat berfungsi sebagai pencegahan," Freeman menjelaskan.