Tak Perlu Khawatir Lagi Olahraga Outdoor Saat Musim Hujan, Catat Sejumlah Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Jogging dan Running!

By Kintan Nabila, Jumat, 18 Februari 2022 | 19:08 WIB
Perlengkapan yang harus dibawa saat olahraga outdoor (Pexels.com/Daniel Reche)

Nakita.id - Moms, saat olahraga di luar rumah atau outdoor terkadang ada hal-hal yang terjadi diluar perkiraan kita.

Misalnya mendadak hujan deras saat sedang jogging atau running di pagi atau malam hari.

Oleh karena itu, penting sekali membawa perlengkapan berikut ini saat olahraga outdoor.

dr. Michael Triangto, Sp.KO, Dokter Spesialis Olahraga dari klinik Slim + Health Sports Therapy menyebutkan salah satu kendala saat olahraga outdoor adalah perubahan cuaca.

"Kita mungkin keluar rumah dalam keadaan cuacanya kering, namun seperti kita ketahui terkadang cuaca itu sulit diramalkan. Kadang terang tiba-tiba gelap lalu hujan deras," katanya dalam wawancara bersama Nakita.id beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dr Michael menyarankan untuk orang yang memiliki rute olahraga cukup jauh untuk membawa perlengkapan pelindung.

"Selain membawa minuman, bawa juga jas hujan dan masker cadangan karena kalau maskernya basah kita sulit bernapas," kata dr Michael.

"Masukkan 2-3 masker cadangan tadi ke dalam kantong plastik di dalam jas hujan," lanjutnya.

Selain itu, ada juga perlengkapan lain yang tak boleh ketinggalan saat olahraga outdoor. Apa saja?

Baca Juga: Sebaiknya Kita Harus Makan Sebelum atau Setelah Olahraga Ya? Yuk, Simak Ketentuannya Supaya Olahraga Tidak Sia-sia

dr Michael menjelaskan pentingnya membawa peralatan lengkap saat olahraga yakni untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

"Tujuan olahraga outdoor adalah untuk meraih kesehatan, jangan sampai kita tidak memperhatikan hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan," kata dr Michael.