Psikolog Beri Beberapa Langkah Awal yang Tepat Bagi Korban KDRT, Setelah Ini Jangan Ragu dan Takut Lagi untuk Laporkan!

By Shannon Leonette, Jumat, 7 Oktober 2022 | 13:00 WIB
Lesti Kejora alami KDRT oleh suaminya Rizky Billar. Baca selengkapnya beberapa langkah awal yang tepat bagi korban KDRT agar selamat di sini. (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Lesti Kejora alami KDRT oleh suaminya Rizky Billar. Begini langkah awal yang tepat bagi korban KDRT agar selamat.

Baik istri ataupun suami, ternyata tak banyak yang tahu apa langkah awal yang tepat bagi korban KDRT yang bisa dilakukan.

Untuk itu, yuk simak informasi berikut terkait beberapa langkah awal yang tepat bagi korban KDRT di sini.

Sebelum Lesti Kejora dan Rizky Billar, sebenarnya sudah ada banyak sekali kasus KDRT di Indonesia.

Bahkan, hal ini sudah dibuktikan berdasarkan data Kementerian PPPA, dimana jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan periode 1 Januari 2022 hingga 21 Februari 2022 tercatat sebanyak 1.411 kasus.

Kemudian, sepanjang tahun 2021, terdapat 10.247 kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan dengan jumlah korban 10.368 orang. Angka ini sudah termasuk kasus KDRT, Moms dan Dads.

Meski dianggap wajar bagi sebagian pasangan, tindakan KDRT ini merupakan tindakan yang tidak benar.

Hal ini pun ditegaskan oleh Ni Made Diah Ayu Anggreni, M.Psi, Psikolog Klinis, psikolog di Personal Growth.

"Apapun alasannya, KDRT bukan perilaku yang dibenarkan untuk menyelesaikan masalah atau untuk yang lainnya. Ini adalah tindakan yang tidak benar," tegas Ayu saat diwawancarai Nakita pada Rabu (5/10/2022).

Maka dari itu, jika Moms atau Dads menjadi korban KDRT, penting sekali untuk mengetahui apa saja langkah awal yang perlu dilakukan agar selamat.

Yuk, kita simak beberapa tipsnya menurut ahli berikut ini!

Baca Juga: Bantah Telak Pengakuan Kuasa Hukum Rizky Billar, Polisi Sebut Lesti Kejora Sering Alami KDRT dari Suami, Ini Bukti yang Didapatkan