Berita Kesehatan: Serangan Jantung Masih Teratas Penyebab Kematian, Lakukan Ini Agar Jantung Sehat

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 18 Oktober 2018 | 09:29 WIB
Karena berbahayanya penyakit jantung, beragam penelitian dilakukan untuk mencari cara mencegah serangan jantung.  (iStock/WISARUT CHAKRAPANDHUNAAYUDHAYA)

Nakita.id.- Serangan jantung masih menjadi penyebab utama kematian di Eropa, bahkan di seluruh dunia, sehingga menjaga jantung adalah hal  paling penting dilakukan jika ingin sehat dan panjang umur.

Banyak studi menunjukkan, serangan jantung adalah salah satu penyakit utama yang menyebabkan kematian bagi laki-laki dan perempuan.

Baca Juga : Perempuan Lebih Mungkin Meninggal Saat Terkena Serangan Jantung!

Dalam definisi yang paling sederhana, serangan jantung dapat dijelaskan sebagai plak yang terbentuk di pembuluh darah karena berbagai faktor sehingga mencegah darah dan oksigen mencapai jantung. Dengan demikian menghentikan sistem.

Karena berbahayanya penyakit kardiovaskular ini, beragam penelitian terus dilakukan untuk mencari langkah-langkah pencegahan serangan jantung yang mudah dan cocok dilakukan di era saat ini.

Dokter Halid Yerebakan, kolumnis kesehatan di situs The Daily Sabah (18/10) memberikan tips bagaimana agar jantung Moms tetap sehat sepanjang masa!

Berikut saran-sarannya;

# Tidur 7-8 jam setiap hari

Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang teratur dan cukup adalah salah satu langkah terpenting untuk melindungi kesehatan jantung.

Sebuah penelitian yang melibatkan orang yang tidur kurang dari enam jam sehari dan orang lain yang tidur antara tujuh hingga delapan jam mengungkapkan hubungan antara tidur yang cukup dan serangan jantung.

Dengan demikian, mereka yang tidur kurang dari enam jam sehari dua kali lebih berisiko daripada mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam sehari.

Baca Juga : Hasil Penelitian: Tak Aktif di Facebook Bisa Kurangi Stres!

Tidur membantu mengatur tingkat insulin dalam darah. Ketika Moms tidak tidur cukup nyenyak, sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin, yang menyebabkan gula darah naik, berat badan bertambah, dan Moms bisa mengembangkan penyakit kardiovaskular jangka panjang.

Tidur yang teratur dan cukup, terbukti menghindari penyakit kardiovaskular jangka panjang.