Kurangi Risiko Kanker, Ini Ragam Manfaat Menakjubkan Diet Mediterania!

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Rabu, 8 Agustus 2018 | 14:51 WIB
Tak hanya menurunkan berat badan, ini manfaat menakjubkan diet Mediterania (iStockphoto)

Nakita.id - Ada ragam jenis diet yang dijanjikan efektif menurunkan berat badan, misalnya diet keto yang sempat menjadi perbincangan hangat.

Diet keto mengundang pro dan kontra, karena pola makan yang memilih mengonsumsi makanan rendah karbohidrat tetapi tinggi lemak.

Selain itu, ada juga diet Mediterania yang dipercaya efektif menurunkan berat badan bahkan meminimalkan penyakit berbahaya.

Diet jenis ini lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan diet rendah lemak, serta menyingkirkan lemak perut yang berbahaya bagi kesehatan.

Pola diet ini menerapkan pola makan yang berfokus pada makanan nabati dan protein, namun tanpa lemak seperti ikan dan ayam.

Riset pada 2013 yang dipublikasikan dalam the New England Journal of Medicine mengklaim, diet ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

BACA JUGA: Arief Rivan Meninggal Karena Serangan Jantung, Kebiasaan Ini Bisa Jadi Pemicunya!

Diet Mediterania menekankan konsumsi makanan yang sehat untuk jantung seperti kacang, ikan dan minyak zaitun serta membatasi asupan daging merah, mentega, dan gula tambahan.

Menurut Sean Heffron, ahli jantung preventif di NYU Langone Health, menerapkan pola makan yang kaya nutrisi seperti diet Mediterania memberi manfaat yang besar dengan pola menu berikut: