Berita Kesehatan: 7 Keajaiban Berjalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 1 November 2018 | 20:25 WIB
Jalan kaki adalah aktivitas terbaik dan termudah yang dapat dilakukan untuk kesehatan. (Thinkstock)

Nakita.id.- Moms mungkin sering mendengar pepatah atau ungkapan, " "Sebutir apel setiap hari menjauhkan dari dokter"?.

Nah, ini ada ungkapan baru yang kurang lebih artinya sama, yaitu mengajak kita hidup sehat. Ungkapan tersebut adalah, "30 menit jalan kaki setiap hari menjauhkan kita dari dokter".

Baca Juga : Berita Kesehatan: Ini Dia Sederet Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas

Memang Moms, berjalan kaki memberikan banyak manfaatnya.  Mulai menurunkan berat badan, menghilangkan stres untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko banyak penyakit kronis.

"Berjalan-jalan adalah aktivitas terbaik dan termudah yang dapat dilakukan untuk kesehatan," kata Melina B. Jampolis, MD, penulis  buku The Doctor on Demand Diet.

"Berjalan adalah latihan nomor satu yang saya sarankan untuk sebagian besar pasien saya karena sangat mudah dilakukan, tidak memerlukan apa pun kecuali sepasang sepatu tenis, bisa juga dengan telanjang kaki dan memiliki manfaat mental dan fisik yang luar biasa," kata Jampolis.

Baca Juga : Artis Gwyneth Paltrow Gunakan Telur Giok Untuk Miss V, Ini Risikonya Kata Pakar Ginekologi

Berikut adalah manfaat-manfaat yang akan Moms dapatkan hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Cukup 5 hari dalam seminggu;

#1. Memperbaiki mood

Moms mungkin pernah mengalami, di saat suasana hati sedang galau, untuk menenangkan diri Moms segera meraih segelas minuman penyegar (yang sering kali bergula!), atau sebatang cokelat untuk mengembalikan mood.

"Nah, berjalan-jalan adalah strategi nol kalori dengan manfaat yang sama, yaitu memperbaiki suasana hati,"kata Jampolis.