Nakita.id - Ide hampers lebaran apa yang sedang Moms cari untuk diberikan pada kerabat dan keluarga?
Ya, budaya berbagi hampers kini semakin marak dilakukan jelang Hari Raya Idul Fitri.
Tujuannya tidak lain untuk mempererat tali silaturahmi dan menjalin kehangatan bersama sanak saudara dan kerabat.
Ini menjadi momen yang identik dan spesial di bulan suci Ramadan.
Jika saat ini Moms sedang mencari ide hampers lebaran yang menarik, cokelat mungkin pilihan yang tepat.
Pipiltin Cocoa dengan olahan cokelatnya yang lezat dapat menjadi pilihan santapan saat Lebaran.
Berdiri sejak tahun 2013 lalu, Tissa Aunilla menjalankan bisnis Pipiltin Cocoa dengan misi untuk memperkenalkan potensi Indonesia sebagai negara penghasil cokelat yang beragam dan berkualitas.
Bisnis yang dijalankan bersama sang adik, Irvan Helmi ini menjual berbagai produk cokelat yang merupakan hasil olahan kakao asli Indonesia.
Walaupun Indonesia dikenal sebagai daerah penghasil cokelat spesifik dengan biji kakao yang bisa didapatkan di berbagai pulau, namun sangat sulit untuk mencari produk olahan cokelat lokal di Indonesia.
Fakta ini lah yang mengawali perjalanan Tissa dalam membangun bisnis Pipiltin Cocoa.
Ia mulai mencari tahu lebih dalam mengenai cokelat asal Indonesia dan perlahan menciptakan hasil olahan cokelat dari rumahnya.
Baca Juga: Apakah Makan Cokelat Menyebabkan Jerawat? Ketahui Penjelasannya Berikut Ini
Tissa Aunilla, Owner of Pipiltin Cocoa dalam Webinar Seller Story: Cerita Pipiltin Cocoa Hadirkan Kenikmatan Kreasi Cokelat Asal Indonesia Untuk Temani Momen Ramadan Penuh Kehangatan yang digelar Shopee Indonesia pun menjelaskan cerita perjalanan bisnis cokelatnya.
Ia mengatakan, “Menjalankan bisnis Pipiltin Cocoa ini diawali dari keinginan kami agar produk cokelat Indonesia dikenal di dunia.
Potensi besar yang kami lihat khususnya dari petani lokal yang dapat menghasilkan keanekaragaman cokelat asal Indonesia dengan kualitas yang sangat baik tentunya butuh didukung dan diapresiasi.
Bisnis ini menjadi wadah dan cara kami untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan komunitas petani biji kakao, dimana hingga saat ini bahan baku yang digunakan Pipiltin Cocoa berasal dari lebih dari 2.000 mitra petani lokal.
Kami pun terus melakukan inovasi produk coklat beserta layanannya melalui riset pasar yang intensif agar Pipiltin terus berkembang dan mengikuti kemajuan zaman.”
Selama menjalankan Pipiltin Cocoa, Tissa dan Irvan bersama karyawannya mewujudkan misi untuk meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia lewat beberapa langkah.
Salah satunya yakni membeli langsung dengan harga yang layak dan premium, yakni 40-50 persen di atas harga pasar.
Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan biji yang betul-betul berkualitas, dimana Pipiltin dapat mengambil biji fermentasi di petani.
Dengan membeli lebih mahal diharapkan kehidupan para petani Indonesia bisa terbantu.
Pipiltin membeli biji cokelat langsung kepada petani, yang dimana tahap harvesting, sorting, fermentation, washing, dan drying dilakukan oleh petani lalu masuk ke tahap produksi oleh Pipiltin sendiri.
Sesuai dengan tema “Diversity” dan tagline “Beda-beda itu enak” yang dikampanyekan Pipiltin Cocoa, keberagaman bisa dirayakan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan menghadirkan beragam jenis cokelat dari daerah yang berbeda di Indonesia.
Baca Juga: Menyimpan Buah Apel di Kulkas Agar Tidak Berubah Warna, Ini Caranya
Tidak sia-sia, usaha yang dilakukan oleh Tissa berhasil membawa produk cokelat lokal dari Pipiltin Cocoa dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia, bahkan hingga ke ranah internasional di Jepang, Singapura, dan negara lainnya.
Namun sayangnya, pandemi yang melanda juga memberikan dampak dimana bisnisnya sempat tergerus karena fokus sepenuhnya masih pada penjualan offline.
Karena penjualan berkurang hingga 60%, Tissa memutuskan untuk memperbaharui strategi berjualan dengan fokus mengembangkan penjualan secara online.
Setelah bergabung di Shopee sejak tahun 2019, ia mulai gencar berjualan dan mempromosikan produknya di Shopee setahun setelahnya.
Dengan kegigihan, Tissa bisa memanfaatkan program kampanye, fitur-fitur, maupun promosi yang Shopee tawarkan untuk mengembangkan bisnis Pipiltin Cocoa.
Langkah yang diambil Tissa bersama Shopee ini mampu menghasilkan performa bisnis yang memuaskan untuk Pipiltin Cocoa, salah satunya melalui partisipasi dalam kampanye Shopee Big Ramadan Sale yang sedang berlangsung saat ini.
Memasuki bulan Ramadan, Pipiltin Cocoa juga mempersiapkan strategi untuk dapat mengakomodir kebutuhan para umat muslim dan yang merayakan dengan mengeluarkan koleksi bundle product yang dapat dikirim sebagai hampers untuk sanak saudara dan kerabat.
Pipiltin Cocoa memiliki hampers favorit yang spesial yaitu Diversity Gift Box, Indonesia Gift Box, dan Joybox Hampers untuk memperkenalkan cokelat asal Indonesia yang tidak kalah lezat.
Tidak hanya itu, olahan kue choco fudge brownie dan minuman iced chocolate juga dapat menemani momen silaturahmi di rumah sebagai santapan bersama keluarga.
Menambah kemeriahan untuk Hari Raya Lebaran para pengguna, Shopee juga memberikan penawaran menarik di kampanye Big Ramadan Sale yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan menyambut momen silaturahmi, antara lain Flash Sale Akbar Rp1, Gratis Ongkir Super Dahsyat dan THR Kaget 15M hingga 22 April 2023.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee Big Ramadan Sale, kunjungi https://shopee.co.id/m/big-
Baca Juga: Ini Dia Deretan Pantangan Ibu Menyusui yang Harus Dihindari
Perempuan Inovasi 2024 Demo Day, Dorong Perempuan Aktif dalam Kegiatan Ekonomi Digital dan Industri Teknologi
Penulis | : | Nita Febriani |
Editor | : | Nita Febriani |
KOMENTAR